Alat Saringan Air Sederhana

posted in: Artikel | 0
Bagi anda yang kebetulan tinggal di daerah yang kadar kualitas airnya kurang bagus, mendapatkan air bersih mungkin menjadi satu persoalan dan permasalahan tersendiri. Padahal, air merupakan salah satu bahan utama dalam menjalani kehidupan. Kita hampir membutuhkan air untuk semua jenis kegiatan yang kita lakukan tiap harinya. Mulai dari mencuci pakaian yang kotor, memasak untuk makan, mandi agar badan menjadi bersih bahkan sampai buang hajat kita juga membutuhkan. Tapi bagaimana jika airnya kotor, keruh dan tidak dapat digunakan?. Maka salah satu jalan keluarnya adalah dengan menggunakan alat saringan air. Kita bisa menggunakan berbagai macam saringan air yang sudah tersedia dipasaran, kita juga bisa membeli saringan air di javawater, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pengadaan dan penjualan berbagai macam model saringan air. Namun tahukah kita bahwa ternyata kita bisa membuat sendiri saringan air sederhana?. Saringan air sederhana ini bisa kita buat sendiri menggunakan bahan-bahan yang mudah kita dapatkan, dan tentu saja juga mudah untuk kita buat menjadi saringan air. Simak beberapa tips membuat saringan air sederhana dibawah ini.
Dengan menggunakan botol
Untuk jumlah air yang kecil dan sedikit, atau untuk sekedar mencoba-coba kita bisa gunakan botol sebagai saringan air sederhana. Cara membuatnyapun terbilang cukup mudah, anda bisa mencarinya di internet karena memang tutorial semacam ini sudah sangat sering dibahas dan jumlahnyapun terbilang cukup banyak. Apalagi internet adalah salah satu dunia tanpa batas, dimana anda bisa mencari apapun yang anda mau. Namun sebagai gambaran awal, maka akan saya jelaskan sedikit mengenai membuat saringan air sederhana dengan menggunakan botol. Pertama, potong botol menjadi dua bagian atas dan bawah. Lubangi tutup botol tersebut kecil-kecil. Jika sudah untuk bagian atas yang ada tutup botol yang sudah dilubangi, kita berikan kapas. Kemudian pada bagian botol atas tersebut tadi kita taruh bahan-bahan yang sudah disediakan. Seperti kerikil dan lain sebagainya. Bagaiamana? Bukankah mudah membuat saringan air sederhana dengan menggunakan botol? Namun itu untuk air dengan jumlah yang kecil.
Menggunakan bak
Untuk air dengan jumlah yang besar, maka kita bisa menggunakan bak penyaringan. Sistem kerja dan cara pembuatannya pun sama, kita hanya perlu mengganti kapas dengan ijuk. Ijuk berfungsi sebagai penyaring terakhir. Jika hasilnya masih kurang memuaskan atau kadar kekotoran air sudah sangat parah, maka kita bisa tambahkan batu zeolite untuk membantu menjernihkan air.
Demikian adalah beberapa cara sederhana dalam membuat saringan air sederhana yang bisa kita praktekan sendiri dirumah. Namun jika anda termasuk salah satu orang yang tidak ingin diribetkan dengan membuat saringan air sendiri, maka anda bisa membelinya di javawater. Javawater menjual berbagai macam pilihan saringan air untuk semua jenis kondisi dan keadaan. Misalkan untuk perusahaan ataupun untuk perumahan.

Leave a Reply